PURBALINGGA,INFO- Banyaknya kabar hoax tentang persebaran Covid-19 atau virus Corona di Kabupaten mengkhawatirkan banyak pihak khususnya para masyarakat pengguna media social.

Hal tersebut disampaikan, Budi Santosa Kepala Bidang IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo)Purbalingga saat ditemui di kantornya, Jum’at (27/3/2020).

Budi mengatakan, diluaran banyak bersliweran mengenai kabar pasien positif Corona yang tidak benar termasuk pasien positif Covid-19 yang dikabarkan kabur bersama teman lelakinya.

Menurut Budi, fakta di lapangan tidak demikian dan kabar itu dipastikan adalah hoax dan yang bersangkutan (pasien positif Covid-19) telah diisolasi di rumah sakit guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.
“Katanya kabur itu hoax. Kami sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait bahwa yang bersangkutan sudah ditangani dengan baik dan saat ini sudah di rumah sakit,” kata Budi.

Sebelumnya beredar kabar melalui berbagai pesan di media social pasien positif Covid-19 kabur dan menyebarkan virus tersebut dengan di sengaja.

Dinas yang membawahi memastikan bahwa kabar tersebut tidak benar dan kronologi tidak seperti yang dikabarkan di tengah masyarakat. Budi mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpancing dengan kabar yang belum tentu benar.
“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan jangan terpancing. Percayakan kepada yang berwenang menangani dan berdoa semua akan baik-baik saja,” ujarnya.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kades Gunungwuled yang wilayahnya sedang diperbincangkan hangat, meluruskan kabar yang sedang berhembus.

Dia menuturkan, semua orang yang melakukan kontak dengan yang bersangkutan sudah teridentifikasi dan mendapat tindakan sesuai dengan prosedur tentang kesehatan.
“Kami sudah data sampai dengan tingkat RT dengan siapa saja yang bersangkutan melakukan kontak dan sudah mendapat penanganan sebagaimana mestinya,” pungkasnya. (KP-4).