PURBALINGGA – Hasil test swab terbaru Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan dua orang positif Korona. Dua orang yang keluar test swabnya hari ini berasal dari klaster Gowa. Sehingga sampai hari Kamis, 30 April 2020, jumlah positif Covid-19 di Kabupaten Purbalingga menjadi 32 orang. Dari 32 positif korona, 22 orang sendiri berasal dari klaster Gowa.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dalam keterangan pers menyatakan, perkembangan pandemi Covid-19 per 30 April 2020 terdapat penambahan dua kasus positif. Dua kasus positif ini merupakan peserta atau klaster Ijtima Gowa.

“Yang satu pasien laki-laki usia 39 tahun berasal dari Kecamatan Karangreja dan yang bersangkutan merupakan peserta Ijtima Gowa. Pasien positif kedua juga laki-laki usia 50 tahun berasal dari Kecamatan Karangreja dan yang bersangkutan juga merupakan peserta Ijtima Gowa.” kata Bupati Tiwi.

Meski ada dua penambahan pasien positif, hasil test swab yang keluar hari ini juga terdapat dua negatif. Dua PDP yang dinyatakan negatif berasal dari Kecamatan Kutasari dan Karangmoncol. Sehingga PDP yang masih dirawat dan menunggu hasil swab sejumlah 37 orang. sedangkan yang meninggal 12 orang.

“Sehingga total keseluruhan PDP menjadi 159 dengan PDP positif korona 32 orang, PDP dengan hasil test swab negatif 78 orang. PDP yang masih dirawat dan menunggu hasil test swab sebanyak 37 orang. PDP yang meninggal dunia di Purbalingga sebanyak 12 orang,” jelasnya.

Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sampai dengan saat ini tercatat 2.552. Sebanyak 2.138 sudah selesai pemantauan. Sisanya sejumlah 414 masih dalam status pemantauan.

Bupati Tiwi menghimbau warga masyarakat Purbalingga untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kedisiplinan untuk terus mengikuti arahan dan anjuran pemerintah. Menjaga kesehatan dan cuci tangan sesering mungkin serta menggunakan masker ketika terpaksa harus keluar rumah. Pemudik diminta untuk mentaati karantina mandiri di rumah selama 14 hari dan tetap menggunakan gelang identitas. (umg/humaspurbalingga).